Breaking News

Ferdy Seksi Lalin BPTD Wilayah III Sumbar : Guadril Rusak di Jalan Nasional, 5 Tahun Kedepan Baru Diperbaiki ?

 

Ferdy Seksi Lalin Kantor BPTD Wilayah III Sumbar

Padang,(SUMBAR).Internewss - Pagar pengaman jalan (Guadril) yang sudah rusak di sejumlah ruas jalan nasional diwilayah Propinsi Sumatera Barat, belum kunjung ada perbaikan oleh pihak BPTD (Balai Pengelolaan Transportasi Darat) Wilayah III Sumbar. Kerusakan pagar pengaman jalan terjadi akibat ditabrak mobil yang melintas pada lokasi jalan yang tebing nya curam.


"Bersyukur ada pagar pengaman jalan itu, sehingga laju mobil tertahan dan mobil berikut orang didalam terhindar dari jatuh ke jurang"kata Marwan warga Aia Haji Pessel kepada Internewss saat berada tidak jauh dari guadril yang rusak.


Keberadaan guadril atau pagar pengaman jalan, kata Marwan, begitu besar manfaatnya melindungi nyawa pengendara bermotor di jalan raya, terutama pada lokasi jalan yang tebing nya curam. Untuk itu, ia berharap kepada pihak terkait agar segera mungkin pagar pengaman jalan yang telah rusak ini diperbaiki, jika dibiarkan dalam waktu yang lama dikawatirkan pada lokasi ini terjadi kecelakaan yang dapat merenggut korban jiwa.

Guadril roboh di surantih kabupaten pessel


"Karena lokasi guadril yang rusak berada pada tikungan tajam dengan sisi tebing yang curam, sehingga menjadikan lokasi ini rawan kecelakaan. Jangan sampai terjadi dulu kecelakaan fatal yang dapat merenggut jiwa masyarakat. Kita minta instansi terkait segera memperbaiki nya"timpal Mus warga lainnya.


Dari pantauan Internewss dilapangan pada ruas jalan nasional di wilayah Sumbar, seperti jalan nasional di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota, dimana guadril yang telah rusak belum kunjung mendapat perhatian pihak BPTD Wilayah III Sumbar. Bahkan dari informasi masyarakat yang dirangkum Internewss pada lokasi guadril yang rusak, menginformasikan bahwa sudah bilangan tahun belum ada tanda guadril rusak ini akan diperbaiki oleh pihak BPTD Wilayah III Sumbar ?.


Saat dikonfirmasikan mengenai kondisi guadril atau pagar pegaman jalan yang telah rusak di sejumlah titik pada jalan nasional di Sumbar, Ferdy Seksi Lalulintas Kantor BPTD Wilayah III Sumbar, menjelaskan bahwa data guadril yang rusak telah ada pada seksi lalulintas angkutan jalan. 

Guadril Rusak di jalan nasional lokasi Kabupaten Lima Puluh Kota


Dikatakan Ferdy,  untuk memperbaiki kembali guadril yang rusak tersebut membutuhkan proses dan waktu.

Sebab, guadril atau pagar pengaman jalan merupakan aset pemerintah dimana sesuai ketentuan yang ada proses untuk pengadaan guadril yang baru, guadril yang lam harus dihapuskan dulu. "Nanti prosesnya dilakukan pengkajian setelah itu dihapuskan asetnya, baru diajukan anggaran fisiknya ke pusat"ungkap Ferdy. 


Setelah proses penghapusan aset itu, baru bisa diajukan untuk diadakan kembali. "Guadril yang telah rusak saat ini jadi data base kita, ini belum diajukan karena proses nya lima tahun sekali dan saat ini sudah masuk tahun keempat tinggal setahun lagi"jelas Ferdy.

Beberapa potret guadril atau pagar pengaman jalan yang terlihat sudah tidak berfungsi karena rusak dan hancur di ruasa jalan nasional wilayah propinsi Sumbar


Tidak adanya perbaikan segera untuk guadril yang rusak, dikarenakan anggaran perawatan nya tidak ada."Harapan kita kepada masyarakat budaya tertib berlalulintas harus perlu ditumbuhkan, fasilitas itu hanya alat pengaman dalam berlalulintas" katanya menambahkan. (Men)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!