Breaking News

Pawai obor dan telong telong peringati hari jadi kota padang


Padang(SUMBAR).INEWS- Kota Padang kembali disapa event keren. Bagi yang suka cahaya warna-warni di malam hari, baiknya kosongkan jadwal pada 6 Agustus 2017 malam ini. Sebab, akan ada Pawai Obor dan Telong-Telong, yang siap digelar di Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang.

"Ini merupakan event tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Padang ke-348 tahun 2017. Kami berharap acara ini dapat menjadi hiburan bagi warga kota dan wisatawan yang datang ke Padang," kata Medi Iswandi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, kemarin.

Bagi masyarakat Padang, Telong-Telong tak hanya sekedar festival biasa. Ada story telling sejarah panjang yang terkandung di dalamnya. Lewat Telong-Telong inilah rakyat Padang sukses memporak-porandakan pertahanan Belanda yang sedang menjajah Indonesia.

"Sejarahnya, Telong-Telong merupakan lampu yang digunakan pejuang untuk mengalahkan Belanda di Muaro Padang pada peristiwa heroik 7 Agustus 1669. Saat itu masyarakat Pauh dan Kuranji melawan VOC, yang menindas rakyat dengan merebut loji-loji Belanda. Telong-telong ini strategi pejuang kita agar dianggap ramai," tambahnya.

Peristiwa penyerangan loji Belanda di Muara Padang, 7 Agustus 1669, kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Padang. “Malam itu Belanda tak menduga akan diserang. Sebab, mereka mengira rakyat hanya menggelar pawai tradisi biasa. Namun tiba-tiba rakyat menyerbu dan memporak-porandakan loji-loji Belanda.

Dengan kebersamaan dan kecerdasan masyarakat Minangkabau itulah, loji-loji itu akhirnya bisa direbut. Pesan yang ingin kita sampikan, kita pasti mampu membangun negara dan kota Padang dengan bersatu. Spiritnya harus Indonesia Incorporated," paparnya seperti dikutip dari Jpnn.com.

Pawai Obor dan Telong-Telong ini nantinya akan diikuti sebelas kecamatan yang terdiri dari 104 kelurahan se-Kota Padang. Target yang dipatok, lima ribu wisatawan nusantara dan mancanegara.

Nah, bagi yang penasaran, ingin menyaksikan langsung, silakan langkahkan kaki ke Padang. Pawai akan dimulai dari depan Danau Cimpago, Purus, Padang hingga berakhir hingga Sudirman. Agendanya dimulai selepas Magrib diiringi dengan Gandang Tassa dan Kembang Api dan akan berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.



#Ptr/ Charlie / DU / Zal / Tf / Joim

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!