Breaking News

Indonesia Bakal Tunjuk Konsul Kehormatan Untuk Mikronesia

Indonesia%2BAkan%2BTunjuk%2BKonsul%2BKehormatan%2BUntuk%2BMikronesia
Presiden Jokowi bersama Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter Christian, di beranda ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7). (Foto: Humas/Jay)
Internewss.com
Bogor(JABAR)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, merupakan kehormatan bagi dirinya dan Indonesia dapat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Peter Christian dari Federasi Serikat Mikronesia. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama Presiden Peter Christian ke Indonesia.

Meskipun jarak Indonesia dan Federasi Serikat Mikronesia cukup jauh, 7 jam lebih penerbangan langsung, namun menurut Presiden, banyak kesamaan yang dimiliki kedua negara.

“Kita adalah sama-sama bangsa Pasifik, kita sama-sama negara kepulauan. Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki lebih dari 17. 000 pulau,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter Christian, di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7) siang.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. “Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan ke Indonesia ini, lanjut Presiden Jokowi, Presiden Christian juga akan pulang kampung ke Ambon, Maluku. “Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antarmasyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu,” ucapnya.

Tawarkan N-219
Ditambahkan Presiden, kunjungan Presiden Christian ke Indonesia menjadi tonggak baru bagi hubungan kedua negara. Sebuah hubungan yang sangat saling menghormati dan menguntungkan.

Presiden Jokowi mengaku sangat menghargai konsistensi komitmen Federasi Mikronesia untuk menghormati integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kita sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai forum di Pasifik Selatan, antara lain melalui kerja sama di Pacific Islands Forum,” kata Presiden.

Sementara dalam pertemuan bilateral, menurut Presiden, delegasi kedua negara telah membahas berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral.

Yang pertama, sebagai sesama negara kepulauan, kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama di bidang maritim dan peningkatan konektivitas antarpulau.

“Indonesia juga menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antar pulau,” ungkap Presiden seraya menambahkan, Presiden Christian besok akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung.

Yang kedua, di bidang ekonomi Indonesia, dan Federasi Serikat Mikronesia sepakat meningkatkan interaksi pengusaha kedua negara. “Dalam kaitan ini saya mengundang pebisnis Federasi Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018,” ucapnya.

Yang ketiga, untuk meningkatkan hubungan kedua negara, Presiden Jokowi mengemukakan, Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk Federasi Mikronesia.

Yang keempat, guna meningkatkan hubungan antarmasyarakat, Indonesia juga menawarkan beasiswa dan kerja sama pembangunan di berbagai bidang. 
# pter | mediabenangmerah

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!