Breaking News

Kendalikan Inflasi, Sumbar Raih Penghargaan TPID Terbaik 2017 Kawasan Sumatera


Internewss.com
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat kembali menyabet penghargaan sebagai Provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik 2017 untuk kawasan Sumatra. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sumbar juga meraih penghargaan yang sama. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (26/7) di Hotel Grand Sahid, Jakarta kepada Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

"Tentu dengan berturut-turutnya menerima penghargaan yang sama menjadi bukti usaha kita di Sumbar dalam mengendalikan inflasi berhasil, sehingga penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi motivasi kedepannya dalam meningkatkan kinerja bersama stakeholder terkait dalam pengendalian inflasi didaerah," ujar Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno,  Kamis (26/7) saat di wawancarai di Depok, Jawa Barat.

Disebutkannya, Sumbar dalam mengendalikan inflasi didaerah tidak luput dari dukungan semua pihak, baik itu Bupati/Walikota, Bulog, Bank Indonesia, serta stakeholder terkait.

"Dalam hal pengendalian inflasi kita agar tetap terjaga dengan selalu melakukan pengawasan dari hulu ke hilir," katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) laju inflasi di Sumbar sepanjang 2017 memang berhasil dijaga di angka rendah. Perhitungan inflasi diwakili oleh dua kota yang disurvei BPS, yakni Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Hasilnya, laju inflasi tahun kalender untuk Kota Padang sebesar 2,11 dan Kota Bukittinggi sebesar 1,37 persen. Untuk Desember 2017 saja, tingkat inflasi Kota Padang tercatat sebesar 0,72 persen dan Kota Bukittinggi 0,37 persen. Sehingga, secara provinsi, inflasi Sumbar sepanjang 2017 hanya 2,03 persen, lebih kecil dibanding inflasi nasional di angka 3,61 persen untuk 2017.

"Dengan capaian ini kita berharap tahun depan dapat mempertahankannya, dengan melakukan penilaian dan evaluasi secara rutin bersama stakeholder terkait di Sumbar. Kemudian, peninjauan ke lapangan memastikan harga tetap stabil sehingga inflasi tetap terkendali," pungkasnya.*

(rel/PTR)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!