Breaking News

Wagub Nasrul Abit: Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan untuk Keseimbangan Alam


Internewss.com
PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menjelaskan "Perlu upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan melalui pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS)  secara terpadu dan berkelanjutan yang secara konseptual harus mempertimbangkan berbagai aspek dan komprehenssif di Sumatera Barat, dalam menjaga debit air menjaga daerah aliran sungai untuk tetap baik.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada Pelantikan pengurusn Forum DAS Sumatera  Barat di Pangeran Beach Padang,  Rabu (18/7/2018).

Lebih lanjut Wakil Gubernur Nasrul Abit menyampaikan, Sumatera Barat ini dikarunia Allah alam yang indah,  sumberdaya alam dan anekaragam hayati yang berlimpah.  606 sungai,  terbagi dalam 389 DAS yang kaya akan sumberdaya air dan kawasan hutan yang masih baik di daerah hulu.

Dalam konteks pengelolaan DAS di Sumbar sangat strategi dan memilik arti penting karena Sumbar daerah hulu dan daerah pelindung,  yang sebahagian sungai besar ke pantai barat dan timur Sumatera bagian tengah.

Disisi lain pengelola DAS sebahagian dari pembangunan wilayah sampai saat ini masih menghadapi berbagai masalah yang komleks meningkatnua kebutuhan dan intervensi manusia  dalam pemanfaatkan sumber daya alam dalam das yang tidak berwawasan lingkungan. DAS yang tidak berwawasan lingkungan,  berujung rusaknya DAS yang semakin mengkawatirkan, ujarnya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan harapan kepada teman-teman walhi Sumbar juga dapat melihat, bagaimana penjaga hutan bersama dan juga memahami Sumbar yang tidak memiliki apa-apa, membutuhkan investasi dalam memajukan pembangunan daerah.  Perlu mungkin juga menjadi pemikiran kemajuan dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan itu,  Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung di wakili Direktur PKPD Ir.  Sakti Hadenganan,  MSi. Pimpinan Dinas Terkaiit terkait Pengelolaan DAS, Perguruan Tinggi, Ormas Lembaga dan Tokoh Masyarakat dibidang lingkungan.
(ptr/yd)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!