Breaking News

Lewat Vidio Confrence, Bupati Solok Sampaikan Penanganan Covid 19 ke Gubernur


Internewss.com
Kab.Solok - Untuk mencegah penyebaran Covid 19 di Kabupaten Solok, berbagai langkah antisipasi terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok. Kemaren lewat vidio conference, Bupati H. Gusmal, SE. MM, menyampaikan sejumlah langkah yang di ambil Pemkab Solok.

Langkah - langkah yang di ambil tersebut, kata Bupati, antara lain, melakukan rapat terkait penanganan covid19. Memutus mata rantai penyebaran covid 19 dengan menerbitkan edaran waspada covid19.

Kemudian himbauan untuk waspada dan mematuhi himbauan pemerintah. Edaran menghentikan sementara kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan massa. Edaran menutup sementara objek wisata.

Selanjutnya, edaran menyikapi Covid 19 dengan home schooling sementara waktu. Edaran Work From Home (melakukankan pekerjaan dirumah ). Dan himbauan kepada perantau untuk menunda kepulangan, kata Bupati.

Pemkab Solok juga terus menggalakan sadar gerakan lingkungan bersih, penyemprotan disinfektan pada lingkungan kantor dan fasum mulai dari tingkat nagari.

Melakukan screening pada pintu diperbatasan Kabupaten Solok dengan kota kabupaten lainya. Serta membentuk gugus penanggulangan covid19, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan permasalahan di tengah upaya pencegahan covid 19 seperti rendahnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap bahaya covid19. Masih berkumpul di keramaian dan belum mengikuti standar anjuran PHBS seperti cuci tangan.

Belum sampainya sosialisasi pada level bawah seperti apabila ada indikasi yang dicurigai masyarakat ambulance nagari langsung membawa pasien kerumah sakit. Seharusnya harus tahapan ke puskesmas terlebih dahulu yang mana petugas telah dilengkapi dengan standar penanganan dan SOP penanggulangan covid19.

Bahkan minimnya APD standar petugas pada semua level fasilitas kesehatan di Kabupaten Solok. Dan sulitnya mendapatkan APD untuk masyarakat terutama masker, jadi masalah saat ini, ungkap Bupati.

Adapun harapan yang disampaikan seperti himbauan dan peringatan pemerintah harus terkoordinir sampai ketingkat pemerintahan paling bawah seperti walinagari harus mengetahui keadaan masyarakatnya dan tetap berkoordinasi dengan gugus penanggulangan covid19 yang poskonya di Arosuka. Agar lebih aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

Melakukan evaluasi dan melaporkan perkembangannya. Keterbukaan informasi ditengah - tengah masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan.

Langkah - langkah yang telah di ambil Pemkab Solok dalam menangani pencegahan penyebaran covid 19 di daerahnya patut ditiru oleh daerah lain. Pemerintahan paling bawah seperti walinagari harus care dengan masyarakatnya terutama terhadap perantau yang pulang untuk melaporkan sesegera mungkin ke perangkat nagari, kata Gubernur Irwan Prayitno menanggapi upaya Pemkab Solok tersebut didalam memerangi wabah Covid 19.

Selain itu, kata Gubernur, terhadap kekurangan masker di Kabupaten Solok telah memberdayakan penjahit untuk membuat masker yang nantinya juga akan dibeli Pemerintah Kabupaten Solok.

"Agar setiap perbatasan terus dilakukan pengecekan serta pemantauan terhadap orang yang masuk melalui wilayah daerah kita masing - masing"kata Gubernur berpesan. 

#H. Rantte

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!