Breaking News

Agus, M.Sc Ahli Struktur Bangunan ITP : Cor Ulang Bagian Beton Kropos dengan Beton yang Mutunya Lebih Baik !

 

Proyek gedung dua lantai milik UPTD BKOM dan Pelkes Dinkes Sumbar

Internewss, Padang(Sumbar)- Keropos beton pada Kolom Praktis dan Tiang Praktis bangunan tidak bisa di sepele kan. Karena pada bagian kropos jika masuk air bisa menyebabkan besi berkarat. Kondisi demikian terpantau pada proyek pekerjaan pembangunan gedung/kelas/kantor/asrama milik UPTD BKOM dan Pelkes Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat.

Proyek dengan nilai kontrak Rp. 3. 594.920.106.19, (Tiga Milyar Lima Ratus Juta Sembilan Puluh Empat Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Ribu Seratus Enam Rupiah) tersebut dikerjakan kontraktor CV. Serasi Bersama. Dimana proyek tersebut juga terlambat dari jadwal kontrak awalnya ?.(baca berita sebelumnya-red).

Selimut beton balok yang kropos



 Menurut ahli struktur bangunan dari ITP (Institut Teknologi Padang), Agus, M.Sc, kropos pada selimut beton akibat pengecoran, harus diantisipasi jangan sampai menyebabkan masuknya air mengenai tulangan dan bisa berkarat (korosi). "Cor ulang (grouting) bagian beton yang kropos dengan beton yg mutunya lebih baik" kata Agus.


Sementara itu, Zulkarnaen salah seorang pengamat konstruksi menanggapi kropos beton pada kolom praktis dan tiang praktis menggambarkan pekerjaan dilakukan kurang mengikuti anjuran teknis yang ada. Sehingga kepadatan cor yang terisi dalam backesting nya belum memadai. "Hal ini juga bisa akibat dari kurangnya air saat cor di masukan ke dalam backesting, akibatnya cor tidak padat"ungkapnya.

Selimut beton tangga yang kropos



Bagaimanakah dengan selimut beton yang telah diplester dan ditutupi oleh plafon. Sudahkah dikerjakan sesuai dengan anjuran teknis yang ada?. 

Sementara Kota Padang merupakan daerah rawan gempa. Oleh karena itu, pemerintah daerah hingga pusat sudah menginstruksikan pada anggaran pembangunan nya untuk meningkatkan konstruksi bangunan tahan gempa. Bagaimana dengan peristiwa pembagunan gedung milik UPTD BKOM dan Pelkes Dinkes Sumbar ini ? Tunggu liputan selanjutnya ! (Men).

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!