Breaking News

Ciptakan Tenaga Terampil Hadapi Bencana, BPBD Sumbar Laksanakan Bimtek



Internewss.com

Padang (SUMBAR) - Bertempat di Kryad Bumi Minang Hotel Padang (7/09/2021), Badan penanggulangan Bencana Daerah Propinsi Sumatera Barat gelar acara Bimbingan teknis Angkatan II - 2021, Dengan tema , HITUNGAN CEPAT PENGKAJIAN KEBUTUHAN PASCA BENCANA(JITU PASNA).


Diikuti oleh 115 orang peserta, penyelenggaraan acara tetap mengacu pada protokol kesehatan, peserta terdiri dari relawan dari nagari dan kelurahan dan para jurnalis dari berbagai daerah di Sumbar mengikuti bimbingan teknis Hitung Cepat Pembekalan kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) propinsi Sumbar yang berlangsung Selama 4 hari yang dimulai dari tanggal 7 hingga 10 September 2021. 


Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah orang-orang yang terpanggil jiwanya untuk tangguh, dan siap membantu atau menolong orang yang mengalami musibah bencana, Begitu di katakan Kepala Bidang Rehab Rekon BPBD Provinsi Sumbar Suryadi E saat menjadi Nara sumber perdana usai pembukaan Bimtek.


Suryadi E, selaku kepala bidang Rehab Rekon BPBD Propinsi Sumbar, menyampaikan, sebagai daerah rawan bencana, Sumatera barat sering terjadi banjir, tanah longsor, atau tanah bergerak dan angin puting beliung 


"Terkait ini BPBD harus bertindak cepat pada bencana dan pasca bencana," ungkapnya.


Tantangan yang dihadapi membutuhkan tenaga terampil.  Dengan demikian jadikan Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna sebagai bahan menimba ilmu, dan saat ini Jitu Pasna sudah diperkenalkan ke 900 nagari, desa, dan kelurahan se-Sumbar, katanya. 


Lebih lanjut Suryadi memaparkan, "dengan membaurnya para jurnalis dan para relawan, sehingga pemerintah nagari, desa, dan kelurahan bisa saling membahu, seluruh data kerugian dan sasaran penanganan dapat disimpulkan dengan valid, sehingga dalam kurun waktu 4 hari data basah sudah bisa dipublikasikan secara tepat dan benar," jelas Suryadi. (dn/*)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!