Breaking News

Tahun 2023, Embung Kayu Tanduk Belum Dibersihkan Satker OP dan SDA

Kondisi permukaan embung kayu tanduk, nagari aie angek, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar, yang ditutupi tumbuhan liar dan dangkal terlihat pada Selasa (14/3/2023)


Tanah Datar, (Sumbar) internewss-- Permukaan Embung Kayu Tanduk, Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, terlihat nyaris ditutupi rumput, pada Selasa (14/3/2023). Menurut informasi masyarakat yang dirangkum wartawan internewss dari lokasi Embung Kayu Tanduk, bahwa pada tahun 2022 rumput beserta lumpur sudah dibersihkan.


Namun beberapa bulan kemudian rumput kembali menutupi permukaan Embung."Tahun kemaren sudah dibersihkan, tapi saya tidak ingat bulannya"kata salah seorang masyarakat kepada wartawan yang enggan menyebutkan namanya. 

Menurut masyarakat, sudah memasuki bulan Maret tahun 2023 ini belum ada dilakukan pembersihan. Seperti yang terlihat sekarang, permukaan air telah ditutupi tumbuhan liar. Disamping itu, pendangkalan akibat penumpukan lumpur pada dasar Embung juga mulai terjadi.


Saat dikonfirmasi mengenai kondisi permukaan Embung Kayu Tanduk yang terlihat belum bersih dari rumput dan lumpur, pada Selasa (14/3/2023), Aditya Sidik Waskito, ST. M.Si. M.Sc, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Operasi dan Pemeliharaan SDA, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, mengatakan, setiap tahun Embung Kayu Tanduk, di Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatera Barat, setiap tahun dibersihkan. "Setiap tahun rutin kami bersihkan. Dan itu bukan rumput" sebut Aditya.


Lebih lanjut Aditya mengatakan, pada tahun 2021, pihak nya menurunkan alat berat berupa exscafator ampibi membersihkan rumput yang menutupi permukaan embung. Supaya tidak terjadi pendangkalan, lumpur didasar Embung juga diangkat dan dibuang keluar.

Foto kegiatan tahun 2021 dan 2022 yang dikirim Aditya Sidik Waskito Kasatker OP dan SDA BWSS V Padang


"Setahun sekali kita bersihkan, tahun 2021 dan 2022 telah dilakukan pembersihan"jelas Aditya sembari memperlihatkan foto dan Vidio saat dilakukan kegiatan pembersihan dikawasan Embung Kayu Tanduk.

Untuk tahun 2023 ini, kapan Embung Kayu Tanduk kembali dilaksanakan kegiatan pembersihan ? Kita tunggu info selanjutnya !. (DM/int)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!