Breaking News

Miliki Hutan Konservasi, UIN IB Padang "Galakan" Program Kampus Hijau



Padang, (SUMBAR) internewss - Kawasan Kampus 3 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Sungai Bangek, Padang, beberapa tahun kedepan akan hijau dengan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan. Hal ini seiring telah dilakukan nya penanaman berbagai jenis tumbuhan dan pohon pelindung dilingkungan sekitar kampus oleh jajaran rektor beserta pimpinan civitas akademika beberapa waktu lalu. 


"Kalau dilihat orang dari jalan bypass, lingkungan kampus 3 UIN IB Sungai Bangek Padang seperti kawasan gersang. Nah bagaimana kita kembali membuat kampus terlihat hijau seperti sebelumnya, makanya kami buat program kampus hijau dengan menanam pohon pelindung disekitar kawasan kampus" kata Dr.Tesru Hendra, M.Ag, Wakil Rektor 2 UIN IB Padang, kepada internewss dikantornya, Selasa (11/4). 


Program Kampus Hijau sendiri kata Testru, rencana nya akan dilaksanakan setelah selesai lebaran idul Fitri 1444 hijriah. Dan saat ini sudah dimulai rencana membangun hutan konservasi, yang didalamnya ditanam 101 jenis pohon langka yang ada diseluruh propinsi di Indonesia. 

Pimpinan UIN IB Padang, Rektor : Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd, Wakil Rektor I : Dr. Yasrul Huda, MA, Wakil Rektor II : Dr. Testru Hendra, M.Ag, Wakil Rektor III : Welhedri Azwar, D.Ag, M.Si, Ph.D


"Sumatera Barat contohnya dikenal dengan pohon langka seperti pohon andalas. Kemudian ada pohon langka dari Papua dan dari propinsi lainnya yang telah kita tumbuhkan pada kawasan seluas 5000 meter persegi yang nantinya kawasan itu kita harapkan menjadi hutan konservasi"jelasnya.


Hutan konservasi ini nantinya bisa juga dimanfaatkan oleh anak - anak mahasiswa sebagai lokasi study untuk mendalami ilmu pengetahuan nya mengenal pohon langka yang tumbuh diseluruh penjuru Nusantara. Dan pohon langka itu sekarang ada tumbuh dikawasan hutan konservasi kampus UIN IB Sungai Bangek Padang.


"Harapan nya nanti, hutan konservasi itu menjadi lokasi menambah ilmu pengetahuan dan penelitian bagi mahasiswa kita"ungkap Testru sembari menyampaikan melalui program kampus hijau beberapa lokasi yang terbuka dekat gedung fakultas akan dihijaukan.


Jadi Lokasi Dikunjungi Masyarakat 

Lokasi kampus yang berada di perbukitan telah menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat. Dan masyarakat banyak datang berkunjung ke Kampus 3 UIN IB Sungai Bangek Padang untuk menikmati sejuknya udara perbukitan. Bahkan karena berada didaerah ketinggian, masyarakat dapat melihat penjuru kota Padang yang begitu indah dengan luasnya pantai membentang. 



"Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang, jadi kita memanfaatkan animo masyarakat yang datang berkunjung ke kampus sebagai ajang promosi kampus kita"sebutnya.


Mahasiswa yang berkuliah di kampus UIN IB Padang saat ini tercatat berjumlah 17 ribu orang dari 8 fakultas yakni fakultas tarbiyah, fakultas pasca sarjana, fakultas ekonomi bisnis Islam (FEBI), fakultas sains dan teknologi, fakultas dakwah dan ilmu komunikasi, fakultas syari'ah dan hukum, fakultas adab dan Humaniora, serta fakultas Ushuluddin dan studi agama. 


"Beberapa waktu kedepan akan berdiri fakultas baru yakni fakultas fisikologi dan kesehatan. Gedungnya sudah ada, mudah - mudahan pada tahun 2025 sudah jalan"pungkasnya. (DM)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!