Breaking News

Berkat Informasi Masyarakat, Bencana Alam Pohon Tumbang Yang Menutupi Badan Jalan Cepat Teratasi



Padang, (Sumbar) internewss--- Pohon tumbang yang menutupi satu lajur jalan di kilometer 29, pada ruas jalan Padang - Painan mengakibatkan lalu lintas sedikit terngganggu. Namun berkat aksi cepat dari jajaran PPK 2.3 yang mendapat informasi dari masyarakat langsung bergerak kelokasi. Dalam hitungan menit batang kayu beserta dahan nya yang menutupi sebagian badan jalan tersebut dipotong, diangkat, dan dibersihkan oleh petugas dari jajaran PPK 2.3, pada Rabu 31 Mei 2023.


Nova Herianto, ST. MT, PPK 2.3 Satker PJN Wilayah 2 Sumbar, Balai PJN Sumbar, mengatakan, komunikasi yang sudah terbentuk dengan masyarakat bersama petugas PPK 2.3 selama ini sehingga informasi kejadian sepanjang ruas jalan segera dapat diterima oleh petugas PPK 2.3 yang dilengkapi dengan alat transportasi serta peralatan pendukung seperti gergaji mesin serta alat bantu lainnya untuk segera menyelesiakan gangguan kelancaran arus jalan akibat pohon tumbang atau longsoran jalan. 


PPK 2.3 sangat berterima kasih kepada masyarakat yang besar kepedulian nya terhadap kejadian bencana alam disekitarnya."Kami bersyukur masyarakat begitu peduli terhadap lingkungan nya. Seperti informasi bencana alam yang disampaikan bahwa ada nya pohon tumbang yang telah menutupi badan jalan kita. Dan tim kami dilapangan langsung bergerak cepat turun kelokasi untuk membersihkan badan jalan yang telah ditutupi pohon tumbang" kata Nova Herianto kepada wartawan internewss, dikantor nya, Kamis (1/6/2023).


Diakui Nova, ruas jalan Padang - Painan - Kambang merupakan satu diantara daerah yang rawan terjadi bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang. Sebab ruas jalan Padang - Painan - Kambang melintasi daerah perbukitan yakni dari Gaung hingga Batas Kota Padang dan Barung - Barung Belantai Kabupaten Pesisir Selatan, Painan sampai Kambang.


Namun demikian, kondisi alam tersebut tentu nya diperlukan semangat kerja yang tinggi dan komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran dilapangan bersama masyarakat. "Kebersamaan dan komunikasi yang baik menjadikan beban kerja dan tugas yang berat itu menjadi ringan dilakukan,"katanya.


Semangat kebersamaan silaturahmi yang terbentuk oleh jajaran PPK 2.3 dengan masyarakat sudah seperti saudara dan keluarga sendiri. Salah satunya tercermin dari antusias masyarakat menyampaikan setiap peristiwa alam yang menimbulkan dampak terganggu nya lalu lintas pada ruas jalan Padang - Painan - Kambang.


"Alhamdulillah petugas kita dilapangan sudah sangat berbaur dengan masyarakat, sehingga kedekatan itu sudah seperti keluarga dan membantu kita dalam melaksanakan pekerjaan dilapangan seperti informasi - informasi bencana alam yang mereka sampaikan" ucap Nova.


Pada kesempatan itu, Nova juga mengajak masyarakat maupun pengusaha tambang galian c yang beraktifitas disekitar kawasan badan jalan, untuk bersama - sama menjaga jalan dari hal - hal yang mempercepat terjadi nya proses kerusakan jalan. "Mari bersama - sama kita jaga jalan kita ini dari kegiatan yang akan merusak dan mempercepat umur jalan"himbaunya.   (DM/int)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!