Breaking News

Peran Serta Masyarakat Ikut Menentukan Suksesnya Pemilu

 

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif di Kantor Camat Sungai Pagu oleh Panwasulcam Sungai Pagu

Solok Selatan--internewss.com

Suksesnya pemilu ini tidak terlepas dari partisipasi semua pihak, terutama dalam pengawasan terhadap pemilu, dan partisipasi masyarakat dalam ikut memberikan hak suaranya.


"Melalui sosialisasi pengawasan partisipatif, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil Bupati ini, dengan mengundang berbagai unsur, diharapkan akan mampu menciptakan pemilu sesuai yang diharapkan,"ujar Ketua Panwaslucam Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Amroni SE S.St Par, saat Sosialisasi pengawasan partisipatif, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil Bupati, di Kantor Camat Sungai Pagu, Sabtu (17/10).


Dalam pertemuan itu kami mengundang Unsur niniak mamak, bundo kandung, cadiak pandai, tokoh masyarakat serta paguyuban perantau.


Dijelaskannya, untuk kami menghimbau kepada masyarakat, jika ada penyelenggara yang bekerja tidak sesuai dengan tugasnya, bisa dilaporkan.


Hendaknya, sosialisasi yang diberikan ini dapat ditularkan oleh para peserta ke tengah masyarakat, sesuai dengan fungsinya. Seperti niniak mamak menyampaikan kepada kemenakannya, tokoh kepada masyarakatnya dan demikian yang lainnya seperti paguyuban kepada sesama asal rantaunya.


"Dengan sosialisasi ini, dari tiga calon yang ada pada kontestasi pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten pilihlah sesuai pilihan, jadilah pemilih cerdas, jangan termakan isu,"katanya.


Hati-hati menerima hadiah dari Paslon atau tim kampanye, diduga, akan terjadi manoy politik, jangankan memberi secara jelas, menjanjikan saja sudah ada ancamannya.


Sedangkan untuk lokasi untuk kampanye, ada lokasi yang dibolehkan. Namun ada lokasi yang tidak dibolehkan seperti sarana ibadah, sarana pendidikan dan fasilitas umum.


"Kepada masyarakat kami meminta untuk ikut mengawasinya, dan memberikan edukasi agar tidak ada pelanggaran yang terjadi,"jelasnya.


Nara sumber kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, Mulyadi menyebutkan, ada berbagai cara untuk mengantisipasi pemilu bergejolak, hal ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam pengawasan.


Dalam pelaksanaannya, ada tiga persyaratan integritas pemilu, yaitu integritas penyelenggara, integritas kontestasi (proses/tahapan) dan integritas hasil.


"Peran serta semua pihak dalam pengawasan pemilu ini, sangat menentukan sekali. Untuk itu diharapkan partisipasi nya dalam pengawasan pemilu badunsak ini,"sebut Mantan Ketua KPU Solok Selatan ini.


Dikatakannya, dalam kepemiluan, biasanya yang terjadi, saat ada warga yang tidak terdata dalam daftar pemilih,  atau lainnya yang melanggar,  dia memprotes atau mempermasalahkan ketika setelah ada hasil.  


Makanya dalam pemilu ini, pengawasan partisipatif diberikan kepada kelompok masyarakat, organisasi yang independen dan non partisan.


"Dimana dalam pengawasan ini, kita diminta untuk mengamati, mengkaji, memeriksa dan menilai, sesuai dengan kenyataan dan lokasi. Kita dari masyarakat, berhak mengawasi,"sebutnya.


Dalam pemilu ini, partisipasi pemilih sangat diharapkan, karena suksesnya pemilu dilihat dari tingginya partisipasi pemilih dan terwujudnya suasana yang kondusif.


"Jika pemilu tanpa pengawasan, maka akan terjadi manipulasi suara, hilangnya hak pilih, politik uang, pemilu tidak sesuai aturan dan terjadi gugatan, biaya politik mahal, pemungutan suara ulang dan konflik antar pendukung,"katanya.


Camat Sungai Pagu Rolli Almar S.STP, M.Si yang didaulat sebagai nara sumber, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan, karena penyelenggara memiliki keterbatasan.


Belum meratanya penyebaran informasi ke masyarakat terkait pengawasan pemilu. Kurangnya konten dimensi virtual dalam pengawasan, sehingga masyarakat enggan untuk melaporkan pelanggaran.


"Masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan pemilihan, melalui sosialisasi  dari berbagai pihak diharapkan adanya peningkatan partisipasi pemilih. Keterpilihan calon bukan untuk golongan, tapi bagi masyarakat Solok Selatan,"pungkasnya. 


Hadir dalam kegiatan itu,  Koordinator Divisi (Kordiv) PHL Panwaslcam Sudirman S.Pdi M.Pd, Kordiv HPP Novia Savitri S.Pd, Kepala Sekretariat, Nur Utami S.Pd (Adi)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!