Breaking News

Kabid Bina Marga DPUPR Padang Minta Kontraktor PT. Lingkar Persada Bekerja sesuai Standar Mutu dan Kualitas !

Pekerjaan pemasangan batu kali penahan bahu jalan dilaksanakan pada lokasi genangan air pada proyek peningkatan jalan Balai Baru Lapau Balanjuang di Kota Padang


Padang (SUMBAR) internewss--- Pengerjaan pembangunan infrastruktur jalan di kota Padang harus sesuai dengan standar mutu dan kualitas yang telah ditentukan dalam dokumen bestek dan kontrak kerja. Hal ini harus menjadi perhatian bagi kontraktor dalam melaksanakan setiap jenis pekerjaan, karena kesalahan yang dilakukan menjadi resiko sendiri nantinya, Kata Harisman, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Padang, kepada Internewss menanggapi ditemukannya pengerjaan pemasangan batu kali untuk penahan bahu jalan dilakukan pada galian ber air, pada proyek peningkatan jalan Balai Baru Lapau Balanjuang, Sabtu (3/7) lalu. 



"Jika ditemukan ada pekerjaan tidak sesuai dengan bestek dan spesifikasi yang ditetapkan, jelas tidak kita hitung dan tidak dibayar. Inilah resiko yang dihadapi kontraktor kalau main - main dengan pekerjaan" Kata Harisman.

Walaupun tanpa ada informasi dari masyarakat, pekerjaan yang menyalahi bestek dan spesifikasi teknis akan jadi temuan nanti oleh lembaga pemeriksa."Lebih baik dalam proses pelaksanaan berjalan yang tengah berjalan sekarang kita mengetahui terjadi kekurangan dalam pengerjaan sehingga dapat cepat dibenahi"sebutnya.


Untuk itu, kata Harisman, dilapangan inilah komitment kontraktor pelaksana proyek di uji menunjukan hasil pengerjaan sesuai dengan standar mutu dan kualitas yang telah disepakati dalam dokumen kontrak. Begitujuga dengan konsultan supervisi yang telah ditunjuk mengawasi pekerjaan dilapangan, sudah harus maksimal mengawasi setiap proses pelaksanaan pekerjaan. 


"Keduanya harus bekerja maksimal mewujudkan mutu dan kualitas yang telah di sepakati. Sebab kesalahan pengerjaan oleh kontraktor menjadi bagian tanggung jawab pengawas juga nanti" Ungkapnya.


Informasi yang disampaikan masyarakat tersebut, memperlihatkan ada kelemahan dilapangan yang mesti segera dibenahi. "Saya sangat berterima kasih sekali dengan informasi ini, sehingga pekerjaan yang terlihat masih kurang bisa dibenahi segera dalam masa proses pengerjaan" Ujarnya.


Sementara itu, menanggapi pekerjaan pemasangan batu kali di lokasi ber air tersebut, Novarino Koordinator Lapangan PT. Lingkar Persada, yang ditemui Internewss dilokasi proyek Jumat (2/7), mengatakan, sebelum dikerjakan pihaknya sudah terlebih dahulu mengeringkan air menggunakan mesin pompa air. Namun karena dekat dengan areal persawahan air masuk kembali. 

"Kita sudah gunakan alat mesin pompa buat mengeringkan air dilokasi pemasangan batu, tapi karena dekat sawah air masuk lagi"katanya dengan nada santai.


Seperti informasi yang tertulis pada plang nama proyek, pekerjaan peningkatan jalan Balai Baru Lapau Balanjuang bernilai kontrak Rp. 11,2 miliar, yang bersumber dari dana APBD Kota Padang tahun anggaran 2021. Pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh kontraktor PT. Lingkar Persada, tanggal kontrak 25 Mei 2021, nomor kontrak 014/KOntr-PJ/APBD/DPUPR/202, dalam masa pelaksanaan 150 hari kalender.

(Men)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!