Breaking News

Menyoal Buka Tutup Jalan di Ruas Jalan Nasional PPK 2.2, Nova Herianto : 13 November Lokasi Tanjung Lolo dan Tanjung Gadang Tidak Ada Lagi Buka Tutup Jalan



Sijunjung (SUMBAR), internewss - Buka tutup ruas jalan nasional diwilayah PPK 2.2 Satker (Satuan Kerja) PJN (Pelaksana Jalan Naional) Wilayah 2 Sumbar masih dilakukan. Kondisi buka tutup jalan tersebut terlihat di sejumlah titik pada ruas jalan nasional Muaro Kalaban - Kiliran Jao dan Kiliran Jao - Batas Jambi, dimana pada ruas jalan sedang dilakukan pengerjaan Rigid Beton.


Dari pantauan media ini pada hari Selasa (9/11/21) di salah satu titik lokasi pengerjaan Rigid Beton di Tanjung Lolo Kilometer 147, masih dilakukan buka tutup ruas jalan. Pada titik ini, kendaraan yang melintas mesti diberhentikan oleh petugas dari pihak proyek yang berbaur dengan masyarakat. 



Buka tutup ruas jalan dilakukan lantaran masih memanfaatkan satu lajur jalan, dimana satu lajurnya lagi sedang ada pengerjaan Rigid beton. Supangat sopir truk yang melintas dilokasi tersebut, disela berhenti ketika dimintai komentarnya oleh Internewss soal buka tutup ruas jalan, mengatakan, melihat kondisi saat ini antrian kendaraan sudah tidak terlihat begitu panjang. 


Bahkan petugas yang melakukan buka tutup jalan terlihat mulai melonggarkan. "Mungkin ini sejalan dengan ruas jalan yang telah selesai Rigid betonnya sudah bisa dilalui kendaraan"kata Supangat.

Terlihat truk mixer tengah mencurahkan readymix ke bahu jalan


Hal senada juga dilontarkan Ponedi, sopir minibus ini merasakan kendaraan yang diberhentikan pada lokasi buka tutup saat ini tidak berlangsung lama, sehingga antrian kendaraan juga tidak terlalu panjang. 


"Tapi sebelumnya kita harus menunggu 15 sampai 20 menit lebih baru bisa kendaraan berjalan"tuturnya.

Mulai lancarnya laju kendaraan saat ini, menurut Ponedi, lantaran pengerjaan Rigid beton pada ruas jalan saat ini sudah mulai rampung dikerjakan."Nampaknya pekerjaan nya sudah mulai selesai, buktinya kendaraan kita sudah diperbolehkan melaju diatas jalan Rigid Beton"tuturnya. 


Menanggapi soal buka tutup ruas jalan ini, PPK 2.2 Nova Herianto, yang dihubungi Internewss pada hari Rabu (10/11/21) mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada penyedia jasa PT. Zafira agar pada tanggal 13 November mendatang lokasi pekerjaan rigid beton sudah bisa dilalui kendaraan.


"Walau masih ada sedikit pekerjaan perbaikan, diharapkan untuk lokasi Tanjung Lolo Kilometer 147, lajur dua sudah harus dapat di lalui kendaraan, dan tidak ada lagi buka tutup jalan. Begitu juga lokasi Tanjung Gadang, tidak ada lagi pos penutupan atau buka tutup jalan, jika masih ada masyarakat melakukan penutupan jalan setelah tanggal 13 November tersebut, itu artinya diluar kontek pekerjaan jalan, dan wewenang itu kita serahkan ke pada pihak kepolisian"kata Nova.


Dikatakannya juga, sebelum tanggal 13 November tersebut penyedia jasa wajib melengkapi rambu - rambu lengkap untuk lokasi perbaikan pekerjaan. Dan yang sangat penting kata Nova, segera membersihkan lokasi ruas jalan dari sisa material dan peralatan pekerjaan. 


"Jika ada kegiatan kecil pekerjaan perbaikan tidak perlu lagi ada buka tutup jalan atau tidak ada alasan buka tutup jalan, cukup kelengkapan rabu - rambu saja"jelas nya.


Pada kesempatan tersebut, Nova menjelaskan, pekerjaan dilapangan saat ini tinggal menyisakan satu lokasi di daerah Pematang Panjang. Dan dilokasi ini masih di lakukan buka tutup jalan, karena dilokasi tersebut masih ada pekerjaan struktur badan jalan.


Disamping itu, Nova juga menyampaikan menyoal kondisi jalan di bawah kontrol PPK 2.2, terutama pada titik yang berlobang baik yang baru maupun yang akan berpotensi berlobang akan segera ditutupi sesuai sisa volume pekerjaan paching yg tersedia pada tahun ini.


Meski demikian, Nova berharap kepada  pengendara jalan mesti tetap berhati - hati, mengutamakan keselamatan, taat berlalu lintas. "Sebab dilokasi lain dari rigid beton, masih ada beberapa lobang yang akan segera di tutupi dengan sisa volume tahun ini"ujarnya.  (Men/YM)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!