Breaking News

Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Penggantian Jembatan Titi Cs Diperpanjang, Diperkirakan Desember Ini Jembatan Linggar Jati Dilalui Kendaraan



Internewss.com

Padang, (Sumbar) - Pengerjaan penggatian jembatan Titi Cs oleh kontraktor pelaksana PT. Amar Permata Indonesia, disorot masyarakat. Salah satunya pekerjaan penggantian jembatan Linggar Jati yang berlokasi di Tabing yang diperkirakan pada bulan November ini telah harus selasai pengerjaannya. Namun sampai pada hari Kamis 19 November kemaren, dilokasi proyek masih terlihat proses pengerjaan sedang berjalan.


Hal ini sesuai informasi waktu pelaksanaan yang tertera pada plang proyeknya, dimana tertulis tanggal kontrak 28 Februari 2020 dalam masa pelaksanaan 240 hari kalender. Kalau dihitung dari tanggal kontrak tersebut, pengerjaan proyek jembatan Linggar Jati mestinya sudah selesai di bulan November ini, kata Syafril warga Muaro Penyalinan menyampaikan keluhannya kepada media ini beberapa waktu lalu.



Dikatakan Syafril, sejak proyek jembatan dikerjakan hanya satu lajur ruas jalan yang bisa dilalui kendaraan, sehingga pada lokasi ini terjadi kemacetan. Kondisi demikian cukup dimaklumi oleh masyarakat karena ada proyek jembatan, walaupun mengganggu kelancaran lalu lintas, diharapkan pengerjaannya selesai tepat waktu.


"Nyatanya sudah bulan November,  pekerjaan penggantian jembatan belum juga selesai. Kita yang sering melewati ruas jalan ini harus rela bermacet - macetan lagi sampai jembatan Linggar Jati kembali bisa dilalui kendaraan," keluh pensiunan PNS ini.


Proyek penggantian jembatan Linggar Jati tersebut, merupakan satu paket kegiatan dengan dua pekerjaan penggantian jembatan lainnya yakni jembatan Air Titi di Baso Kabupaten Agam dan jembatan Titian Panjang di Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Proyek tersebut bernomor kontrak 05/PPK/SK-PJN1-Bb.03.23.1.1/II/2020, dengan tanggal kontrak 2020.



Proyek yang diawasi oleh Konsultan Supervisi PT. Visi Tekniktama Unggul KSO CV. Kato Engineering dan CV. Aldi Guna Consultan Engineering, dikerjakan dalam masa pelaksanaan 240 hari Kalender. Nilai kontrak proyek ini sebesar Rp. 31.564.777.000, dari sumber dana SBSN tahun anggaran 2020. 


Paket penggantian jembatan Titi Cs adalah kegiatan Satker PJN Wilayah I Balai PJN III Sumbar. Menurut Eko Noverli pelaksana lapangan PT. Amar Permata Indonesia, kepada media ini dilokasi proyek mengatakan, bahwa masa pelaksanaan pekerjaan telah dilakukan adendum sehingga waktu pelaksanaan pekerjaan berakhir pada 30 April 2021 mendatang. 


Namun pihaknya belum sempat melakukan perbaikan informasi yang tertulis di plang proyek. " Kalau diamati oleh masyarakat memang betul seharusnya pekerjaan kita selesai pada bulan Oktober ini, tapi nanti akan kita perbaharui sesuai perubahan jadwal yang telah disepakati pada April 2021 nanti,"ungkap Eko.



Sementara itu, menyoal progres pekerjaan Eko menjelaskan, untuk pekerjaan jembatan Linggar Jati progresnya sudah mencapai 74 persen. "Saat ini tinggal pekerjaan pemasangan balok/geder, plat lantai, timbunan dan pengaspalan. Diperkirakan pertengahan bulan Desember ini telah selesai pengerjaannya," jelas Eko.


Untuk pekerjaan penggantian jembatan Air Titi di Baso Kabupaten Agam, lanjut Eko, sudah mencapai progres 86 persen. " Insya Allah November ini selesai juga dikerjakan, karena pekerjaan jembatannya telah siap tinggal pekerjaan pengaspalannya,"urainya.


Pada pekerjaan jembatan Titian Panjang di Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman sendiri progresnya sudah 49 persen. "Karena dilokasi ini kita tinggal membuat jembatan darurat, sebelum membongkar jembatan lama. Sementara semua material pabrikasi sudah stanby dilokasi proyek hanya tinggal dipasang"sebutnya.


Untuk mendorong pekerjaan paket penggantian jembatan Titi Cs selesai sesuai waktu yang telah disepakati, pihak konsultan supervisi terus mendorong kontraktor pelaksana mempercepat proses pekerjaan dengan cara menambah jumlah tenaga kerja dan menambah jam pekerjaan. "Kita berharap dengan cara itu pekerjaan dapat diselesaikan sesuai target waktu yang telah di sepakati,"kata Hendra selaku konsultan pengawas proyek.


Walaupun target pekerjaan selesai pada bulan April 2021 mendatang, diharapakan pada libur panjang bulan Desember ini jembatan Linggar Jati telah bisa dilalui kendaraan. "Saat ini hanya tinggal pemasangan balok, semoga Senin depan sudah kita laksanakan,"kata Yus konsultan pengawas lainnya menambahkan. 


Guna mengetahui alasan diberikannya Adenddum waktu kepada kontraktor PT. Amar Permata Indonesia kontraktor pelaksanaan pekerjaan penggantian jembatan Titi Cs,  Reni Marlisa, ST. MT, PPK 1.1 Satker PJN Wilayah 1 Sumbar yang dihubungi media ini melalui ponselnya dalam kondisi aktif beberapa kali tidak pernah mengangkat telponnya. Hingga berita ini diturunkan, PPK proyek tersebut belum dapat dimintai komentarnya. Bagaimanakah informasi selanjutnya, tunggu liputan berikutnya.

(Men)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!