Breaking News

Dengan Menerapkan Protokol Covid 19, Perayaan Natal di Gereja GPDI Pantekosta Ophir Berjalan Lancar dan Meriah



PASBAR, Internewss.com--Perayaan Natal tahun 2020 di Gereja GPDI Pantekosta Ophir Skunder Satu, Jorong Ophir, Nagari Koto Baru, kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat berjalan lancar dan meriah dengan menerapkan protokol covid 19 Acara berlangsung. Kamis (24/12/2020).


Kemeriahan tersebut semakin sempurna dengan nampaknya toleransi antar ummat beragama yang ditunjukkan dengan tingginya solidaritas dari pemuda karang taruna Ophir yang turut serta membantu mengamankan parkir dan arus lalulintas keluar masuk tempat acara.


Ketua Karang Taruna Ophir, Wisnu Utama kepada Media, Kamis (24/12) mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan oleh pemuda Ophir dalam menjaga silaturrahmi dan kerukunan antar ummat beragama. Disamping itu, hal sebaliknya juga dilakukan ummat kristiani pada saat perayaan hari raya Idul fitri dan idul adha sebagai hari besarnya ummat islam.


"Kita selaku ummat muslim selalu ikut berpartisipasi membatu menjaga kemanan dan ketentraman kepada saudara saudara kita yang non muslim saat melaksanakan ibadah. begitu juga sebaliknya dengan ummat non muslim juga ikut berpartisipasi dalam acara hari raya ummat muslim,"ujarnya.


Menurut Wisnu, apa yang dilakukan itu merupakan tanggung jawab pemuda muslim yang ada di Ophir untuk memberikan kenyamanan kepada umat Kristiani yang sedang menjalankan ibadah Natal.


"Ini sudah menjadi tradisi kita di Ophir ini, kami hanya ingin menunjukan bahwa toleransi antarumat beragama  itu sangat indah,"katanya.


Sementara itu, Kepala Jorong Ophir, Dayu Perdian mengatakan, kejorongan Ophir merupakan kejorongan yang masyarakatnya terdiri dari beberapa etnis. Perayaan Natal tahun ini akan dilaksanakan oleh pada tiga tempat yaitu, Gereja Katolik St. Yohannes Pembabtis Ophir, Gereja GPIB Effata, Sekunder I Ophir dan Gereja GPDI El Shaddai , Sekunder I Ophir.


"Kita tidak pernah dibatasi oleh perbedaan. Masyarakat muslim, khususnya pemuda Ophir ini memang setiap tahunnya selalu ikut berpartisipasi melakukan pengamanan gereja bersama dengan TNI/ Polri," pungkasnya.


Dayu berharap, semoga kerukunan ummat beragama yang telah dibina dan terjalin baik selama ini dapat dijaga dan ditingkatkan untuk masa yang akan datang. sehingga persaudaraan yang telah terjalin antar ummat beragama selama ini dapat terjaga.


Pantauan Wartawan dilapangan, selama kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokol covid 19, juga terlihat petugas keamanan dari TNI/Polri berjaga-jaga untuk melakukan pengamanan di lokasi atau gereja tempat perayaan dilaksanakan.

(*Yuda)

Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!