Breaking News

Menelusuri Proyek Batang Lembang, PROJO Ingatkan Kontraktor Bekerja Sesuai Aturan Teknis

Potret lapangan proyek pembangunan sarana/prasarana pengendalian banjir Batang Lembang di Kabupaten Solok, yang mendapat sorotan masyarakat.


Kab.Solok, (Sumbar) internewss - Masyarakat di Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat, sangat berharap pembangun infrastruktur di badan sungai Batang Lembang yang dikerjakan Kontraktor Pelaksana  PT. Gemilang Jaya Konstruksi sesuai dengan bestek dan spesifikasi teknis yang sudah ditentukan. Hal ini begitu penting mengingat pembangunan telah direncanakan matang oleh pemerintah itu untuk melindungi masyarakat dan aset lainnya dari terjangan banjir yang terjadi selama ini akibat luapan air sungai Batang Lembang. Kalau pekerjaan nya menyimpang dari ketentuan teknis tersebut, tentu masyarakat nantinya yang dirugikan, kata Edi Yosepson Ketua DPC Projo Kabupaten Solok kepada internewss di Solok, Rabu 8 Juni 2022.


"Kita minta kepada kontraktor bekerja sesuai bestek dan spesifikasi teknis supaya hasil pembangunan dirasakan manfaat nya oleh masyarakat dan bertahan lama. Ini penting mengingat ganas luapan dan derasnya tekanan air sungai Batang Lembang ketika terjadi banjir. Jadi pembangunan yang dibuat sudah harus tahan terhadap kondisi tersebut"kata Yose panggilan akrab ketua DPC Projo Kabupaten Solok.

Edi Yosepson Ketua DPC PROJO Kabupaten Solok Salam Komando dengan Presiden Jokowi selaku Ketua Dewan Pembina PROJO, pada acara Rakernas PROJO


Dengan terealisasi nya pembangunan sarana/prasarana pengendalian banjir Batang Lembang, DPC Projo Kabupaten Solok memberikan aprsesiasi kepada Athari Gauthi Ardi anggota Komisi V DPR RI dari Dapil Sumbar yang telah berjuang mendukung pembangunan ini lewat dana aspirasi nya." Jangan sampai pembangunan ini menyimpang dari aturan teknis, sebab itu sama dengan mengotori perjuangan beliau (Athari Gauthi Ardi-red). DPC Projo akan tetap mengawal dan mengawasi apapun kegiatan dana APBN dikabupaten Solok sesuai instruksi Presiden Jokowi selaku Ketua Dewan Pembina kami"tegas ketua DPC Projo tersebut.


Masyarakat juga menyambut baik dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Athari Gauthi Ardi anggota DPR RI dari Dapil Sumbar, yang telah berjuang melalui dana aspirasi mendukung pembangunan sarana/prasarana pengendalian banjir batang Lembang di Kabupaten Solok. 


"Sebagai wakil rakyat, ibu Athari menunjukan rasa peduli nya kepada masyarakat. Kita minta Kepala Balai WSSV Padang, Kasatker dan PPK sebagai pengelola teknis dan administrasi kegiatan juga menujukan rasa peduli terhadap pembangunan yang dilaksanakan. Sebab jika menyimpang dari aturan teknis negara dan kita masyarakat yang menanggung hasil pembangunan" kata Marinir tokoh masyarakat dan aktifis anti korupsi di Kabupaten Solok.


Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, SNVT PJSA, WS. Indragiri-Akuaman, WS. Kampar, WS. Rokan Propinsi Sumatera Barat, mengelola pekerjaan pembangunan sarana/prasarana pengendalian banjir batang Lembang di Kabupaten Solok, Propinsi Sumbar. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh kontraktor PT. Gemilang Jaya Konstruksi, dengan nomor kontrak HK.02.03/BWS.SV-PJSA.IAKR/SP.II/18, bertanggal kontrak 9 Februari 2022.


Adapun nilai kontrak pekerjaan sebesar Rp. 14.515.540.000 ( Empat Belas Miliar Lima Ratus Lima Belas Juta Lima Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah). Dalam masa pelaksanaan 320 hari kalender, nomor SPMK/BWS.SV-PJSA.IAKR/SP.II/15, tanggal 14 Februari 2022. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses pekerjaan yang berjalan, dimana dari peninjauan lapangan pada Rabu 8 Juni 2022, didapat informasi dan fakta yang ganjil terhadap jenis pekerjaan pemasangan batu dan material yang digunakan, ketika dikonfirmasi soal ini kepada Eka Hendra Iriawan, ST. MT PPK SP2, Ia tidak bisa memberi penjelasan. 


"Mohon maaf saat ini kita lagi sibuk kali dengan urusan sertijab minggu depan dan usulan untuk tahun depan"jelas Eka lewat pesan watshap.


Soal informasi proses pekerjaan dilapangan, Eka meminta media internewss, menghubungi projek maneger (PM). "Bila bapak mau konfirmasi terkait pekerjaan di Lapangan untuk sementara bapak boleh tolong konfirmasi dengan tim di lapangan PM saya" pinta Eka.



Namun anehnya, Harman PM dari Kontraktor Pelaksana PT. Gemilang Jaya Konstruksi yang dihubungi melalui kontak watshap sesuai nomor yang diberikan Eka, dengan nada berdering Harman tidak menerima atau menjawab panggilan watshap tersebut. Begitujuga dengan pesan watshap yang dikirim kepada Harman hingga berita ini ditayang belum kunjung dibalas ?. Sementara itu, sejumlah informasi dan fakta lapangan yang terlihat ganjil pada proses pekerjaan hingga saat ini PPK dan rekanan belum dapat dikonfirmasi ?. (Tim/int)


Tidak ada komentar

Selamat datang di Website Kami, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda puas!!